Mengharapkan orang lain untuk menjadi seseorang yang Anda inginkan bukanlah masalah mudah. Sangatlah sulit meminta orang lain untuk melakukan apa yang juga Anda lakukan dan katakan. Padahal jika Anda seorang pemimpin, tentu Anda menginginkan anak anak buah Anda menjadi seperti yang Anda harapkan.

Nah jika Anda mengalami kesulitan itu, apa yang harus Anda lakukan?Jawabannya, Anda memerlukan keteladanan Perlu Anda tahu, keteladanan adalah perintah tanpa kata kata. Orang lain lebih senang mengikuti keteladanan daripada perintah. Karena itu, keteladanan menjadi cara yang cukup efektif untuk mempengaruhi karyawan Anda dalam bersikap.

Namun, meski prinsip keteladanan ini cukup efektif, penerapannya tidaklah sederhana. Anda memerlukan konsistensi dan integritas serta kejelian dalam menerapkan apa saja Anda harus memberikan keteladanan dan tidak. Untuk memudahkan Anda, R. Bruce McAfee dan Betty J. Ricks memberikan enam kunci utama dalam memberi keteladanan, seperti yang tertuang dalam tulisannya, “Leadership By Example: Do as I Do ”

Taat pada aturan
Karyawan Anda akan respek dan memiliki tanggung jawab moral mentaati peraturan jika sebagai pemimpin Anda pun mentaati peraturan yang berlaku di perusahaan Anda. Maka tunjukkan keteladanan Anda dengan mentaati aturan aturan yang berlaku. Tekankan pada mereka bahwa peraturan dibuat tidak selamanya untuk membatasi ruang gerak, namun untuk menciptakan kondisi kerja yang lebih positif. Lagipula bagaimana karyawan mau mentaati peraturan jika pemimpinnya tidak disiplin?

Pencapaian target kerja
Anda boleh bahkan patut mengharapkan karyawan mencapai prestasi seperti yang Anda harapkan. Tapi sebelumnya, tingkatkan terlebih dulu prestasi Anda, maka mereka secara otomatis mereka akan terpacu untuk berprestasi juga.

Miliki sikap positif
Awali segala aktivitas Anda dengan sikap positif. Tumbuhkan sikap positif terhadap perusahaan, pekerjaan, dan tanggung jawab Anda. Bersikaplah optimis terhadap apa yang Anda kerjakan. Jika Anda bersikap skeptis dan pesimis, maka Anda gagal menumbuhkan kesan baik pada karyawan.

Penampilan fisik yang prima
Semua orang senang melihat penampilan yang good looking. Penampilan mempengaruhi kewibawaan Anda. Jika penampilan Anda oke, rapih, bersih, dan segar, Anak buah pun akan semakin interest untuk meneladani Anda. Lagipula berpenampilan dengan baik merupakan bentuk penghargaan Anda terhadap perusahaan, pekerjaan, dan lingkungan. Maka jangan abaikan penampilan lahir Anda, tentu saja dengan didukung inner power dan beauty yang Anda miliki.

Komunikasi interpersonal
Komunikasi adalah hal terpenting bagi sebuah kepemimpinan. Cara berbicara dan bahasa tubuh Anda secara personal terhadap orang lain, anak buah, dan lingkungan sangat mempengaruhi keberhasilan keberhasilan Anda dalam memberi teladan. Jika Anda berhasil tampil sebagai sosok yang penuh wibawa melalui komunikasi yang tepat, dengan mudah mereka akan menjadi sosok yang Anda harapkan.

Nah, jika Anda kesulitan memimpin Anak buah maka Anda bisa mencoba prinsip prinsip keteladanan. Dengan demikian apa yang Anda harapkan dari mereka akan tercapai. Semoga sukses..

========================================
Pengirim : Hotmian haro
========================================

Ayo di share di ...Share on Facebook0Pin on Pinterest0Tweet about this on Twitter0Share on Google+0Share on LinkedIn0Email this to someone