Yth Para sahabat , saya sedang memperdalam soal kejahatan dan pemberantasannya. Kalaupun saat ini kita lihat berbagai wacana dan aksi patroli oleh aparat keamanan tetapi pada kenyataannya peningkatan kejahatan jauh lebih cepat dari yang pernah dibayangkan orang sebelumnya.

Prinsipnya terjadinya kejahatan adalah: adanya kemampuan, niat dan kesempatan serta resiko yang kecil ketika berbuat jahat dan tertangkap sekalipun. Sedangkan sisi lainnya orang yang menangkal kejahatan haruslah mengeluarkan banyak hal bahkan resiko berhadapan dengan penjahat ketika berusaha menghalau tindak kejahatan.

Faktanya saat ini kejahatan makin merajalela. Fakta lainnya pada Negara yang sudah maju maka terjadi kecenderungan kejahatan jalanan atau tindak kejahatan yang skala keuntungan ekonomisnya menurun tetapi bergerak ketingkat kejahatan yang lebih canggih sehingga pada dasarnya jika kesempatannya ada setelah syaratnya terpenuhi maka kejahatan itu akan terjadi sementara pendapat lainnya mengatakan bahwa jika perilaku masyarakat berubah semakin tertib dan kesempatan berbuat jahatnya menurun maka kejahatan akan menurun drastis. Oleh karenanya dalam kesempatan ini saya ingin mendapatkan masukan :

Kejahatan yang paling mengganggu di Indonesia, di Jakarta atau di sektitar rumah atau bahkan di jalan silakah pilih . mohon 10 jenis tindak kejahatan. Dan jangan lupa 10 penyebabnya dan 10 saran pemberantasannya.

Masukan ini akan menjadi gambar awal dari yang berkembang dimasyarakat saat untuk sebagai masukan awal dalam rangka pemberantasan tindak kejahatan berbasis kesadaran dan partisipasi masyarakat.

Mohon maaf menggangu waktunya. Terima kasih atas kontribusinya.

(Agus Muldya)

========================================
Pengirim : agus muldya
========================================

Ayo di share di ...Share on Facebook0Pin on Pinterest0Tweet about this on Twitter0Share on Google+0Share on LinkedIn0Email this to someone