Samsung SDIorganic light emitting diode (OLED). Demikian berita yang kami kutip dari situs resmi Samsung.

Layar LCD tersebut rencananya akan mulai diluncurkan tahun 2005. Saat ini, layar dengan resolusi 1600×1200 pixel dan memiliki tingkat kecerahan 400 lumens tersebut baru menjalani serangkaian tes, sebelum diproduksi massal.

Menurut klaim perusahaan elektronik raksasa Korea tersebut, layar matrix OLED 17 inci merupakan yang terbesar saat ini. Layar tersebut dikatakan tak akan memakan tenaga listrik melebihi monitor LCD TFT 15 inci. Bahkan ukurannya pun tiga kali lebih tipis dibanding model LCD TFT saat ini.

Prototipe LCD OLED tersebut akan dipamerkan pada konferensi Society for Information Display (SID) 2004, yang mulai berlangsung mulai besok pagi di Seattle, Amerika Serikat. Layar tersebut merupakan inovasi teknologi terbaru yang dikembangkan bersama oleh Samsung dan 3M.

Cara kerja teknologi LCD tersebut adalah dengan menggunakan pixel dari pola plastik pada layar. Pola tersebut dicetak dengan memakai proses scanning oleh laser yang ditembakkan melewati seperangkat film organik. proses tersebut selanjutnya menghasikan layar berukuran besar yang memungkinkan untuk menyemprotkan plastik melalui pola shadow mask. Teknik tersebut menghasilkan gambar yang detilnya akurat.

Organic LEDs merupakan semikonduktor plastik luminescent yang diyakini bisa menggantikan model layar LCD, CRT, dan teknologi layar lainnya. Teknologi OLED selain menghemat energi, juga lebih mudah produksinya, selain itu biaya produksi per unit lebih hemat dibanding teknologi lain. Namun demikian, teknologi baru tersebut juga belum bisa diaplikasikan pada peranti mobile dan backlight. Baru dua perusahaan yang telah mengadopsi teknologi OLED Samsung, yaitu Kodak dan NEC.

========================================
Pengirim : Putri
========================================

Ayo di share di ...Share on Facebook0Pin on Pinterest0Tweet about this on Twitter0Share on Google+0Share on LinkedIn0Email this to someone