MENGGORENG.

Agar gorengan kita tidak lengket/melekat di penggorengan. Ada baiknya dipanaskan dulu penggorengan itu sebelum memasukan minyak goreng. Dan tunggu sampai minyak dipenggorengan itu panas barulah mulai menggoreng.

MEREBUS

Agar lebih enak rasa daging atau sop yang kita buat. Lebih baik tunggulah sampai air mendidih dulu, dan bergolak selama kurang lebih 1 menit.
barulah masukan daging yang akan kita rebus.
Karena merebus daging dengan memasukan daging itu kedalam air yang masih dingin, maka segala cairan dari daging itu akan menyebar keseluruh air yang dingin itu. dan bisa mengurangi rasa enak bahkan menimbulkan rasa amis pada masakan itu.
Sedangkan bila memasukan daging kedalam air mendidih, maka belum sempat cairan dari daging itu menyebar, sudah terlebih dahulu dimatangkan oleh air mendidih itu.

SAYURAN GADO GADO ATAU PECEL.

Untuk menjaga vitamin dari sayur sayuran itu tidak terbuang percuma, sebaiknya janganlah direbus. Akan lebih baik di kukus.

MEMELIHARA HASIL GORENGAN

Sering kali kita menggoreng ikan, saat bagian atas habis dan saat kita membalik bagian bawahnya, terlihat basah dan kurang sedap dipandang.
Ada baiknya kita meletakan sesuatu di atas piring yang bisa membuang udara panas dan tembus tetesan minyak pada ikan yang telah kita goreng itu. Agar bagian lainnya dari ikan itu tetap sama dengan bagian lainnya dan enak dilihat dan dirasakan, juga akan memelihara ke garingan dari ikan itu. Hal semacam juga bisa digunakan pada gorengan bertepung. Alat lapisan yang mirip jaring (tirisan) itu bisa di dapatkan di pasar pasar traditional maupun super market besar.

MENGETAHUI HASIL REBUSAN ATAU BAKARAN

Bila ingin mengetahui sudah matang atau belumnya daging ayam atau daging lainnya bila kita rebus atao bakar. Adalah dengan cara dengan menggunakan tusukan sate atau tusuk gigi bisa juga dgn lain nya yang serupa.
Yaitu dengan cara tusukan alat itu pada daging yang sdg kita rebus atau bakar, bila yang keluar cairan masih berwarna kemerahan, berarti daging itu belum matang sempurna. Bisa dikatakan sempurna apabila cairan yang keluar itu berwarna putih.

MENUMIS SAYURAN

Bila kita menjamu tamu yang datang berkunjung, janganlah berlama lama sayuran itu di penggorengan, karena akan terlalu layu dan mengurangu rasa asli dari sayuran itu. Juga kurang bagus dilihat bentuk sayur itu.
Agar terlihat dan terasa asli sayuran yang kita tumis itu, lebih baik sayuran itu hanya 3/4 matang di penggorengan. Sewaktu membawa kemeja tamu tutuplah dengan rapat, maka ketika di buka sayuran itu akan matang dengan sendirinya selama waktu dari dapur anda ke meja ruang makan anda.

MEMELIHARA MAKANAN DI LEMARI ES

Janganlah memasukan semua belanjaan anda dalam satu kantung utuh kedalam lemari es. Bila anda membeli daging satu kilo, padahal anda tidak akan memasaknya dalam satu kali. Sehingga anda harus mengeluarkan dan memasukan lagi daging itu ke dalam lemari es setelah anda ambil seperlunya. Semua itu dapat mengenmbang biakan kuman kuman dalam daging itu. Karena kuman kuman itu tidak akan mati walaupun anda masukan kedalam ruang terdingin sekalipun. Dan kuman kuman itu akan berlipat ganda setiap kali anda keluarkan dari lemari es itu.

Ada baiknya anda bagikan daging daging itu sesuai dengan kebutuhan anda setiap memasaknya, dan masukan kedalam kantung plastik daging sebanyak yang anda perlukan saja. Jadi anda akan mengeluarkan daging sesuai dgn keperluan anda. Hal ini berlaku juga dengan sayuran dan lainnya.

Makan sisa yang sudah matang, sebaiknya ditutup rapat bila dimasukan kedalam lemari es, hal ini akan melindungi kuman kuman dari makanan lain yang masih mentah masuk kedalam makanan matang itu.

Demikian dari saya, semoga berguna bagi anda semua.

========================================
Pengirim : Jacky Alcatras
========================================

Ayo di share di ...Share on Facebook0Pin on Pinterest0Tweet about this on Twitter0Share on Google+0Share on LinkedIn0Email this to someone