Alhamdulillahirobbil ‘alamin …

Itulah kata pertama yang kami ucapkan ketika kegiatan lomba Menulis Cerita Anak (Dongeng) Sarikata.com 2011 telah berakhir pada tanggal 31 Maret 2011 kemaren.

Begitu banyak rahmat dan rejeki serta karunia dari Allah SWT sehingga kegiatan Lomba Menulis Cerita Anak (Dongeng) Sarikata.com 2011 ini dapat berjalan dengan baik dan lancar.

Jumlah peserta lomba yang telah berhasil terkumpul di kegiatan ini adalah 153 peserta. Hal ini menunjukkan begitu antusias para peserta untuk dapat ikut berpartisipasi dalam kegiatan yang sangat bermanfaat untuk generasi masa depan bangsa.

Tidak lupa juga begitu banyak pihak Sponsor yang ikut berpartisipasi sehingga kegiatan ini dapat terwujud dan terlaksana sesuai dengan rencana.

Kriteria penilaian yang digunakan oleh Dewan Juri Sarikata.com adalah sebagai berikut :

  1. Pemakaian Bahasa yang sederhana, mudah dimengerti oleh anak-anak usia 3-10 tahun. Tidak memakai gaya bahasa yang njelimet, tidak memakai kata majemuk bertingkat yang sulit, dan pilihan kata-kata (diksi) menarik buat anak-anak.
  2. Tata Bahasa mencakup struktur kalimat, paragraf, EYD (tanda baca, dll) benar.
  3. Penggunaan kosakata yang baik, tidak mengandung kata-kata ‘tabu / jorok’, yang tidak cocok untuk diperdengarkan kepada anak-anak.
  4. Gaya bercerita yang menarik.
  5. Tema sesuai dengan yang diberikan.
  6. Pesan moral: ada manfaat tulisan bagi pembaca terutama hubungannya dengan teknologi tepat guna.
  7. Genre tulisan adalah DONGENG.

Definisi dongeng menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia:

  • do·ngeng /dongéng/ n 1 cerita yg tidak benar-benar terjadi (terutama tt kejadian zaman dulu yg aneh-aneh): anak-anak gemar mendengarkan — Seribu Satu Malam; 2 ki perkataan (berita dsb) yg bukan-bukan atau tidak benar: uraian yg panjang itu dianggapnya hanya — belaka;
    — sasakala cerita zaman dahulu (spt cerita para dewa);

Sebagian besar peserta tidak mencari tahu terlebih dahulu definisi dongeng, jadi kalau cerita biasa, akan sama dengan cerpen anak. Menurut diskusi kami dengan seorang teman, (Peneliti di Balai Bahasa) yang tidak memenuhi unsur dongeng seharusnya gugur.

Tema: Teknologi Tepat Guna dan Bermanfaat dalam Kehidupan Sehari-hari.

Sebagian besar peserta tampaknya tidak memahami dan tidak berusaha mengerti terlebih dahulu definisi teknologi tepat guna. Padahal sangat mudah untuk tahu dengan internet.

Dari Wikipedia:
Teknologi tepat guna adalah teknologi yang dirancang bagi suatu masyarakat tertentu agar dapat disesuaikan dengan aspek-aspek lingkungan, keetisan, kebudayaan, sosial, politik, dan ekonomi masyarakat yang bersangkutan. Dari tujuan yang dikehendaki, teknologi tepat guna haruslah menerapkan metode yang hemat sumber daya, mudah dirawat, dan berdampak polutif minimalis dibandingkan dengan teknologi arus utama, yang pada umumnya beremisi banyak limbah dan mencemari lingkungan.

Istilah ini biasanya digunakan di dalam dua wilayah: memanfaatkan teknologi paling efektif untuk menjawab kebutuhan daerah pengembangan, dan memanfaatkan teknologi yang ramah lingkungan dan ramah sosial di negara maju.

Cerita Dongeng yang masuk kebanyakan hanya seputar teknologi internet, HP dan komputer. Padahal masih banyak teknologi tepat guna dalam keseharian. Kurang kreativitas secara umum.

Banyak yang kurang hati-hati terhadap EYD dan tanda baca, juga kerapian paragraf. (Penulis yang tidak peduli EYD seharusnya gugur, karena tidak menghargai Bahasa Indonesia dengan baik dan benar, apalagi Dewan Juri)

Yap cukup sudah kata pengantar dari kami. Terima kasih yang sebesar-besarnya kami ucapkan untuk :

Para Sponsor yang telah membantu dan memberikan dukungan, donasi, serta partisipasinya sehingga kegiatan ini dapat berjalan dengan lancar. Sponsor kegiatan lomba dongeng ini antara lain :

    1. Kompas
    2. Rumah Sakit Kanker Dharmais
    3. Yayasan Pita Kuning Indonesia
    4. Kid Enterprise
    5. Radio Bahana
    6. oPulsaku.com
    7. Munjalindra Software
    8. Kang MatahariTimoer
    9. Eyang Anjari
    10. Mbak Julie

Para Dewan Juri yang telah meluangkan waktunya untuk ikut berpartisipasi dalam kegiatan ini, yaitu (alphabet order) :

    1. Adhani
    2. Akang Aziz
    3. Anjari
    4. Conan
    5. Dea
    6. Diary25
    7. Julie
    8. MatahariTimoer
    9. PutirenoBaiak

Para teman dan sahabat yang telah membantu terlaksananya kegiatan ini yang dengan gigih dan tanpa pamrih telah berjuang bersama-sama demi terwujudnya kegiatan ini. Mereka itu antara lain :

    1. Bapak Bramandjojo & Ibu Siwi
    2. Mbak Kumala Iman Dina & Teams
    3. Mas Dwi Prasetyo
    4. Mbak Meiy Desmerry
    5. Kang MatahariTimoer
    6. Dan masih banyak lagi teman, sahabat, rekan dan partner lainnya yang tidak dapat kami sebutkan satu persatu disini.

DAFTAR PEMENANG LOMBA MENULIS CERITA ANAK (DONGENG) SARIKATA.COM 2011 :

JUARA 1 :
Moringa untuk Dida Panda – Yudith Fabiola (Nomor 60)
Hadiah : Piala + Uang tunai Rp 500.000,-  + Pulsa Elektrik Rp 150.000,- + Paket Hadiah

JUARA 2 :
Air untuk Negeri Angin – Nurul Rahmawati (Nomor 73)
Hadiah : Piala + Uang tunai Rp 250.000,- + Pulsa Elektrik Rp 100.000,- + Paket Hadiah

JUARA 3 :
Kotoran Ajaib di Negeri Hijau – Melia (Nomor 67)
Hadiah : Piala + Uang tunai Rp 100.000,- + Pulsa Elektrik Rp 50.000,- + Paket Hadiah

PAKET HADIAH (JUARA 1 – 3)
(masing-masing mendapatkan) :

  1. Buku EKSPEDISI WALISONGO, Menyerap Sejarah Dalam Legenda, Karya MatahariTimoer
  2. Buku INSPIRASI NEGERI, Sumbangan dari Anjari
  3. Buku GERHANA COKLAT, Karya Yuliasih Puji Rahayu Hardy

JUARA HARAPAN 1 : Biji Penjernih Ajaib Bawang Putih – Cicik (Nomor 94)
JUARA HARAPAN 2 : Ladang Kecil dibawah Awan – Jumialely (Nomor 131)
JUARA HARAPAN 3 : Laptop Khusus untuk Rhena – Saptorini (Nomor 28)

Hadiah Juara Harapan :
Masing-masing mendapatkan uang tunai sebesar Rp 50.000,- + Buku POTRET KONSTITUSI PASCA AMANDEMEN UUD 1945, Karya A.M. Fatwa

SELAMAT kepada para pemenang lomba Menulis Cerita Anak (Dongeng) Sarikata.com 2011 diatas. Mohon untuk melakukan konfirmasi ke alamat email admin@sarikata.com untuk info lebih lanjut, dan untuk para peserta yang kurang beruntung kali ini, jangan putus asa, tidak perlu patah arang. Tetap semangat dan teruslah menulis untuk kemajuan dan kebaikan bersama.

Sampai jumpa lagi dilain waktu dan kesempatan. Terima kasih atas partisipasi dan perhatiannya selama berlangsungnya lomba ini. Tetap STAY TUNE di Sarikata.com, Kumpulan Intisari Cerita Terbesar di Indonesia.