Sudah tidak bisa dipungkiri lagi bahwa Bahan Bakar Minyak sudah begitu lekat dalam keseharian kehidupan Baik Buruk Manusia. Sejak kehidupan manusia masih purba, Berpindah Berburu Meramu sampai akhirnya bisa Bekerja Berinteraksi Memasak hingga menjadi Beradab Berbudaya Merdeka, Bahan Bakar Minyak selalu mendapat tempat yang istimewa. Sampai sekarang mungkin sudah Bertrilyun Barel Minyak yang disedot dari Belahan Bumi Manapun untuk memenuhi kebutuhan manusia akan Bahan Bakar Minyak tersebut.

Karena begitu pentingnya, maka kenaikan harga Bahan Bakar Minyak selalu berimbas pada kenaikan harga Barang Barang Menentukan lainnya. Dengan kata lain jika Bahan Bakar Mahal maka Barang Barang Mahal juga. Karena itu kebijakan pemerintah Indonesia menaikkan harga Bahan Bakar Minyak akan menjadi Beban Berat Masyarakat yang Bagian Besar Masih berada dalam golongan ekonomi Biasa Bawah Miskin.

Padahal sejarah Bergulirnya Bangsa Membuktikan bahwa kebijakan menaikkan Bahan Bakar Minyak tanpa memperhatikan kemampuan Berdaya Beli Masyarakat bisa menjadi Bumerang Berbalik Mengancam keutuhan suatu pemerintahan. Ingatan kita akan terus mencatat bagaimana kenaikan Bahan Bakar Minyak bisa menggerakkan Barisan Barisan Massa Berbondong Bondong Menjarah Bergemeretak Bakar Membakar bahkan sampai Bergejolak Bunuh Membunuh sampai akhirnya menggoyang kedudukan Bapak Bapak yang Memerintah. Apalagi bila ada pihak pihak yang mengambil keuntungan atas kenaikan Bahan Bakar Minyak tersebut dengan menyebarkan Bisikan Bisikan Menghasut dan Berita Berita Menyesatkan. Sebuah pemandangan yang Benar Benar Mengenaskan untuk bangsa yang terkenal dengan masyarakat yang Berbudi Bahasa Mulia.

Tentu saja kita tidak ingin Bangsa Bebas Merdeka ini menjadi Berantakan Berkeping Menyerpih dan Bercerai Berai Menyebar. Kita harus selalu ingat Betapa Berat Mereka, Bapak Bapak Moyang kita yang telah Berjuang Bahu Membahu sejak Bangsa Belanda Menjajah sampai Bangsa Belanda Menyerah hingga Indonesia menjadi Bangsa Bebas Merdeka.

Akankah tugas kita Berjuang Bersama Mengisi kemerdekaan dengan Bersatu Berpadu Membangun Bangsa Bebas Merdeka ini harus terbengkalai hanya karena ketidakarifan pemerintah dalam mengambil kebijakan? Setiap kebijakan harus ada alasan yang Benar Benar Mendasar dan disampaikan secara transparan, bahkan kalau perlu Berdiskusi Bersama Masyarakat. Pemerintah harus Bisa Belajar Memahami kemampuan Bagian Besar Masyarakat Indonesia. Bagaimanapun juga untuk masyarakat kita Bahan Bakar Murah masih sangat didambakan.
Haruskan harga Bahan Bakar Minyak Benar Benar Melonjak sementara Berbarel Barel Minyak menyelundup entah kemana?

Setiyo Bardono � Penulis adalab Benar Benar Manusiabiasa

========================================
Pengirim : Setiyo Bardono
========================================

Ayo di share di ...Share on Facebook0Pin on Pinterest0Tweet about this on Twitter0Share on Google+0Share on LinkedIn0Email this to someone